Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan

                             Oleh : Sri Mirnawati_PP_Kab. Banjar_Kal Sel 04.04.2023

                                                                     

                            dokumen : Pribadi

Transformasi pendidikan adalah suatu bentuk perubahan praktik-praktik baik dalam dunia pendidikan yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Adanya transformasi pendidikan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam melakukan transformasi pendidikan yang berkelanjutan dibutuhkan setidak-tidaknya tiga elemen

  1. inisiatif pendidikan yang dilakukan, 
  2. pemimpin, dan 
  3. pengikut. 

Inisiatif yang dilakukan haruslah jelas, mudah dimengerti dan tentunya mudah untuk diikuti/ dilakukan, sehingga akan mempermudah semakin banyak orang yang mengikuti inisiatif tersebut. Kita dapat menggunakan model BAGJA Inkuiri Apresiatif untuk menentukan praktik baik pendidikan apa yang akan kita inisiasi di komunitas/daerah di sekitar kita.

Transformasi pendidikan sangat diperlukan untuk mengubah suatu kondisi tatanan sosial kemasyarakatan menjadi lebih baik. Misalnya dalam konteks pendidikan, transformasi pendidikan diperlukan untuk mengubah praktik pendidikan yang kurang berpihak pada anak menjadi praktik pendidikan yang berpusat pada anak. Adanya transformasi pendidikan akan mempercepat proses transformasi pendidikan di berbagai daerah di Indonesia.

Hal apa saja yang pernah Anda lakukan untuk membuat transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat (sekolah, sekitar rumah)?

 1. Saya menggerakkan litersi di sekolah, sehehingga mampu mengajak semua siswa dan dewan guru merliterasi membaca, baik literasi surah-surah pendek dan juga literasi buku-buku karya viksi lainnya yang dilakuakan setiap hari di halaman pada jam 0, terkecuali hari Seninkarena dipakai untuk melaksanakan upacara bendera di halaman sekolah, ini dilakukan dengan duduk bersama-sama di halaman sekolah menyatu dengan alam  tanpa alas duduk tanpa bahwa kita cinta dan bersahabat dengan alam.

    2. Juga  Saya  memprogramkan Jumát bersih dan Jumát Taqwa berseling setiap minggunya

    3. Setiap bulannya tanggal 14 saya memprogramkan  untuk sarapan bersama setiap pagi                   baik      guru     maupun    muridnya.

    4. Setiap hari Jumát melaksanakan senam SKJ 88 bersama selesai  membaca surah                          pendek  yang  diikuti oleh dewan gurui dan juga siswanya.

Bagaimana dampak atas transformasi pendidikan yang Anda lakukan pada ekosistem pendidikan terdekat? 

      1. Para guru dan siswa yang mengikuti program  bergerak untuk membaca surah-surah                     pendek   dan   membaca buku viksi lainnya setiap hari terkecuali hari Senin, karena                     melakukan upacara   bendera. 

      2. Para guru dan siswa yang mengikuti program Jumát Taqwa dan Jumát bersih  berseling             setiap  minggunya.

      3. Para guru dan siswa setiap tagl 14  mengikuti program sarapan pagi bersama baik guru               maupun    murid.

      4. Para guru dan siswa melaksanakan senam SKJ 88 di halaman sekolahdengan tertib.

Apa yang sudah/belum berjalan dengan baik ketika Anda memprakarsai transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat?

  1. Kegiatan berjalan lancar karena ada bantuan Kepala Sekolah dan warga sekolah
  2. Para guru dan siswa memiliki kebiasaan  literasi membaca  
  3. Guru dan siswa mau melaksanakan program sarapan bersama dan senam pagi 
  4. Seluruh warga sekolah mengikuti Jumát bersih dan Jumát Taqwa dengan membaca Surah Yasiin dan salawat juga diisi dengan Tausiyah oleg guru. 
Agar hal tersebut dapat ditingkatkan, sekolah menyediakan kegiatan ekstrakurikuler membaca dan menulis Al Qurán. Dengan demikian kegiatan membaca dan menulis Al Qurán bukan sekedar kegiatan biasa tetapi dipayungi oleh Peraturan Daerah di Kabupaten Banjar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Refleksi Minggu Ke 6 CGP

2.3.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 15

Senangnya belajar PPKn