JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 6
DENGAN MODEL 4 F
(Facts, Feelling, Finddings and Future)
Oeh : Sri Mirnawati, S.Pd
CGP Angkatan 2 Kab. Banjar
" VISI GURU PENGGERAK "
👉Pacts (Peristiwa)
Minggu Ke 6 ini diawali dengan refleksi terbimbing, masih menjawab beberapa pertanyaan pada kolaom LMS. Kemudisn dilanjutkan dengan Demokrasi Kontekstual yang tentunya berkaitan dengan Visi Guru Penggerak, dengan menerapkan impian terhadap murid-murid kita serta dilanjutkan dengan sesi elaborasi pemahaman sesi instruktur yang dipimpin oleh Ibu Yetti Maiharni,M.Pd yang dilanjutkan dengan tugas Koneksi Antar Materi Visi guru Penggerak.
👉Feelling (Perasaan)
Dengan demikian syukur alhamdulillah bertambah ilmu serta wawasan bagi saya seorang Calon guru Penggerak mengenai Visi Guru Penggerak. Sebelumnya saya ragu akan membuat rencana perubahan dengan merancang Visi Guru penggerak ini, yaitu bagaimana cara yang benar dan baik dalam menerapkan Visi ini. Tenyata dengan di awali aflikasi perubahan yang kita lakukan bisa di awali dengan sesuatu yang sederhana terlebih dahulu akhirnya berproses. Dengan mengenal kegiatan Belajar Mengajar di dalam kelas memungkinkan kita untuk memberdayakan kekuatan yang ada pada diri kita, dengan demikian tertuang dalam elaborasi pemahaman yang di bimbing oleh ibu Yetty Maiharni, M.Pd mengenai Visi Guru penggerak.
👉 Finddings (Pembelajaran)
Pada Visi guru penggerak ini lebih mengedepankan kekuatan yang ada pada diri kita sendiri sebagai sumber bagi sebuah perubahan. Dengan kekuatan yang kita miliki kita akan lebih oftimal dalam memujudkan harapan atau impian kita, karena pola manajemen ini sangat baik digunakan. Kita sebagai gurur dilatih untuk menilai sesuatu dari segi pandang yang positif. Menilai kemampuan diri kita sendiri, mengenal dan mencari dari segi positif dalam segala hal. Saya sangat senang karena dengan merancang dan membuat Visi Guru penggerak ini apa yang menjadi kekuatan kita sebagai guru akan terwujud guna menjadikan Propil Pelajar pancasila.
Visi Guru Penggerak tertuang dalam Video saya di Bawah ini :
Sumber : Video Koleksi Pribadi
Kita sebagai seorang pendidik tentunya harus banyak latihan untuk dapat menerapkan pola ini gar terjadi perubahan ke arah yang lebih baik. Kita jangan fokuskan pada kelemahan tetapi kita harus dapat menciptakan sinergi yang positif dan seharusnya kita dapat berpokus pada sumber-sumber yang bisa menjadi insfiratif bagi kita yaitu kekuatan dan kelebihan yang ada pada diri kita.
👉Future ( Penerapan)
Pada tugas demontrasi Kontekstual yang saya buat, impian itu sebagai perubahan pada saat saya memberikan kegiatan pembelajaran di sekolah melalui kegiatan pembelajaran kita yang sambil bermain dan belajar, yang akhirnya membuat para murid senang melakukan dalam setiap kegiatan di sekitar kelas dan sekolah. Hal inilah yang mendorong saya melakukan pendekatan untuk among kepada siswa saya seperti yang dicetuskan oleh Bapak Ki Hadjar dewantara dan sesuai dengan sekolah kami yang penuh dengan among kepada siswa kami, sehingga mereka senang melakukan kegiatan pembelajaran dan harapan saya sebagai pendidik mereka semua bisa bahagia dan mewujudkan merdeka belajar bagi murid saya.
Melalui perubahan kecil saya berharaf bisa selalu mewujudkan iklim yang kondusis, sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di sekolah.Melaui belajar sambil bermain dan game maka murid-murid bisa menyukai pembelajaran dengan senang hati dan dan dpat mewujudkan peserta didik yang mencerminkan Profil Pelajar pancasila, berahlak mulia , mandiri, kreatif serta bernalar kritis sehingga saya dapat melatih diri saya dalam aksi nyata untuk menjalankan nilai-nilai dan peranan Guru Penggerak dengan baik dan penuh tanggung jawab. Karena sebagai pemimpin pembelajaran yang memiliki peran mandiri, reflektif, kolaboratif, inofatif dan berpihak pada murid.
Tentu semua memerlukan dukungan dari Kepala Sekolah, para guru dan orang tua muridlah yang berperan dalam terlaksananya program ini semua. Maka itu selalu penting adanya kolabotasi yang baik dengan semua pihak baik keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat luas, sebagimana yang tertuang dalam pemikiran Ki Hadjar dewantara dalam Tri Pusat Pendidikan sebagi unsur terpenting dan tidak dapat dipisah-pisahkan dalam rangka mewujudkan keberhasilan dan tujuan pendidikan.
semoga niat baik kita selaalu senantiasa Allah berikan jalan dalam kemudahan dala melaksanakan aksi nyata di sekolah, selalu berfikir positf dan inovatif dan dapat selalu berpihak pada murid dalam mewujudkan profil pelajar pancasila.
Terimakasih kepada Fasilitator Ibu Yetti Maiharni yang selalu m,emberikan dukungan dan motifasvi kepada saya dan Pendamping CPG yang selalu mensuport kegiatan CPG Bp Candi Alison M.Pd yang telah membimbing saya hingga seperti sekarang ini, semoga kami selalu bersemangat dalam melaksankan program pendidikan guru penggerak ini , Aamiin ya Robb... Demikian yang dapat saya tulis terkait penyelesauian Jurnal Refleksi minggu Ke 6.
Daftar Pustaka
Modul 1.3.a. 3 "Visi Guru penggerak pada Program Pendidikan Guru Penggerak "Angakatan 2 .
Mulai dari diri "Visi GuruPpenggerak "Oleh Sri Mirnawati, S.Pd CGP Angakatan 2 Kab. Banjar.
Komentar
Posting Komentar