Jurnal Refleksi Minggu Ke 6 CGP

 JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 6

DENGAN MODEL  4 F

(Facts, Feelling, Finddings and Future)

Oeh : Sri Mirnawati, S.Pd

CGP Angkatan 2 Kab. Banjar


" VISI GURU PENGGERAK "

      👉Pacts (Peristiwa) 

     Minggu Ke 6 ini diawali dengan refleksi terbimbing, masih menjawab beberapa pertanyaan pada kolaom LMS. Kemudisn dilanjutkan dengan Demokrasi Kontekstual  yang tentunya berkaitan dengan Visi Guru Penggerak, dengan menerapkan  impian terhadap  murid-murid kita  serta dilanjutkan dengan sesi elaborasi pemahaman  sesi instruktur yang dipimpin oleh Ibu Yetti Maiharni,M.Pd  yang dilanjutkan dengan tugas Koneksi Antar Materi Visi guru Penggerak.

👉Feelling (Perasaan)     

     Dengan demikian syukur alhamdulillah bertambah ilmu serta wawasan bagi saya seorang Calon guru Penggerak mengenai Visi Guru Penggerak. Sebelumnya saya ragu akan membuat rencana perubahan dengan merancang Visi Guru penggerak ini, yaitu bagaimana cara yang benar dan baik dalam menerapkan Visi ini. Tenyata dengan di awali aflikasi perubahan yang kita lakukan bisa di awali dengan  sesuatu yang sederhana terlebih dahulu akhirnya berproses. Dengan mengenal kegiatan Belajar Mengajar di dalam kelas  memungkinkan kita untuk  memberdayakan kekuatan yang ada pada diri kita, dengan demikian  tertuang dalam elaborasi pemahaman yang di bimbing oleh ibu Yetty Maiharni, M.Pd mengenai Visi Guru penggerak.

    👉 Finddings (Pembelajaran)

      Pada Visi guru penggerak ini  lebih mengedepankan kekuatan yang ada pada diri kita sendiri sebagai sumber bagi sebuah perubahan. Dengan kekuatan yang kita miliki kita akan lebih oftimal dalam memujudkan harapan atau impian kita, karena pola manajemen ini sangat baik digunakan. Kita sebagai gurur dilatih  untuk menilai sesuatu  dari segi pandang yang positif. Menilai kemampuan diri kita sendiri, mengenal dan mencari dari segi positif dalam segala hal. Saya sangat senang karena dengan merancang dan membuat  Visi Guru penggerak ini apa yang menjadi kekuatan kita sebagai guru akan terwujud guna menjadikan Propil Pelajar pancasila.

Visi Guru Penggerak tertuang dalam Video saya di Bawah ini :


                                         Sumber : Video  Koleksi Pribadi

       Kita sebagai seorang pendidik tentunya harus banyak latihan untuk dapat  menerapkan pola ini gar terjadi perubahan ke arah yang lebih baik. Kita jangan fokuskan pada kelemahan tetapi kita harus dapat menciptakan sinergi yang positif dan seharusnya kita dapat berpokus pada sumber-sumber yang bisa menjadi insfiratif bagi kita yaitu kekuatan dan kelebihan yang ada pada diri kita.
     
👉Future ( Penerapan)
 Pada tugas demontrasi Kontekstual yang saya buat, impian itu sebagai perubahan pada saat saya memberikan kegiatan pembelajaran di sekolah melalui kegiatan pembelajaran kita yang sambil bermain dan belajar,   yang akhirnya membuat para murid senang melakukan  dalam setiap kegiatan di sekitar kelas dan sekolah. Hal inilah yang mendorong saya melakukan  pendekatan untuk among kepada siswa saya seperti yang dicetuskan oleh Bapak Ki Hadjar dewantara dan sesuai dengan sekolah kami yang penuh dengan among kepada  siswa kami, sehingga mereka senang melakukan kegiatan pembelajaran dan harapan saya sebagai pendidik mereka  semua bisa bahagia  dan mewujudkan merdeka belajar bagi murid saya.

     Melalui perubahan kecil saya berharaf bisa selalu mewujudkan iklim yang kondusis, sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di sekolah.Melaui belajar sambil bermain dan game maka murid-murid bisa menyukai pembelajaran dengan senang hati dan dan dpat mewujudkan  peserta didik yang mencerminkan Profil Pelajar pancasila, berahlak mulia , mandiri, kreatif serta bernalar kritis sehingga saya dapat melatih diri saya dalam aksi nyata untuk menjalankan nilai-nilai dan peranan Guru Penggerak dengan baik dan penuh tanggung jawab. Karena sebagai pemimpin pembelajaran yang memiliki peran  mandiri, reflektif, kolaboratif, inofatif dan berpihak pada murid.
      Tentu semua memerlukan dukungan dari Kepala Sekolah, para guru dan orang tua muridlah yang berperan dalam terlaksananya  program ini semua. Maka itu selalu penting adanya kolabotasi yang baik dengan semua pihak baik keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat luas, sebagimana yang tertuang dalam pemikiran Ki Hadjar dewantara dalam Tri Pusat Pendidikan  sebagi unsur terpenting dan tidak dapat dipisah-pisahkan dalam rangka mewujudkan keberhasilan dan  tujuan pendidikan.
       semoga niat baik kita selaalu senantiasa Allah berikan  jalan dalam kemudahan dala melaksanakan aksi nyata di sekolah, selalu berfikir positf dan inovatif dan dapat selalu berpihak pada murid dalam mewujudkan profil pelajar pancasila.
       Terimakasih kepada Fasilitator Ibu Yetti Maiharni yang selalu m,emberikan dukungan dan motifasvi kepada saya  dan Pendamping CPG yang selalu mensuport kegiatan  CPG Bp Candi Alison M.Pd yang telah membimbing saya hingga seperti sekarang ini, semoga kami  selalu bersemangat dalam melaksankan program pendidikan guru penggerak ini , Aamiin ya Robb... Demikian yang dapat saya tulis terkait penyelesauian Jurnal Refleksi minggu Ke 6.

Daftar Pustaka

Modul 1.3.a. 3 "Visi Guru penggerak pada Program Pendidikan  Guru Penggerak  "Angakatan 2 .

Mulai dari diri "Visi GuruPpenggerak "Oleh Sri Mirnawati, S.Pd CGP Angakatan 2 Kab. Banjar.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

2.3.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 15

Senangnya belajar PPKn